Iran Bakal Borong Jet Tempur Su-35 dan Helikopter Serang Mi-28 Rusia

GANTARIPRO.IDIran merampungkan rencana pembelian jet tempur Sukhoi Su-35 serta peralatan militer Rusia lainnya. Kedua negara sebelumnya sepakat untuk memperkuat kerja sama militer.

Wakil Menteri Pertahanan Iran Mehdi Farahi mengatakan, rencana pembelian sudah dirampungkan termasuk apa saja armada yang akan diakuisisi.

“Rencana sudah diselesaikan untuk (pembelian) jet tempur Su-35, helikopter serbu Mi-28, dan pesawat latih Yak-130, untuk bergabung dalam unit-unit tempur angkatan bersenjata Iran,” kata Farahi, seperti dilaporkan kantor berita Tasnim, Selasa (28/11/2023).

Sejauh ini belum ada komentar dari Rusia soal rencana pembelian tersebut. 

Tasnim juga tak menyebutkan berapa unit peralatan militer yang akan dibeli Iran.

Iran hanya memeliki belasan pesawat tempur, termasuk buatan Rusia serta armada lama buatan Amerika Serikat (AS) yang dibeli sebelum Revolusi Islam tahun 1979.

Belakangan ini Iran menggalakkan kemandirian pertahanan dengan memproduksi sendiri persenjataan. Iran diketahui sudah memulai produksi jet tempur buatan dalam negeri yang diberi nama Koswar.  Para pengamat yakin Koswar mengopi desain jet tempur AS, F-5, yang diproduksi pertama kali pada 1960-an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *