Kapal Induk China Shandong Berlayar Lewati Selat Taiwan

GANTARIPRO.IDKapal induk China Shandong dilaporkan berlayar melalui Selat Taiwan. Tak sendiri, kapal induk itu disertai dua armada laut lain. 

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan, ketiga kapal itu berlayar di Selat Taiwan pada Sabtu (27/5/2023). Aksi China itu makin meningkatkan ketegangan militer antara Taipei dan Beijing. 

Kementerian mengatakan Shandong telah berlayar ke arah utara sekitar tengah hari melalui selat yang menempel di garis mediannya, yang berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak.

“Militer Taiwan memantau secara ketat rombongan itu menggunakan kapal dan pesawatnya sendiri dan menanggapi dengan tepat,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan singkat.

Sayangnya, Kementerian Pertahanan China tidak menjawab panggilan untuk meminta komentar. Angkatan bersenjata negara itu juga tidak menyebutkan pelayaran itu di saluran media sosial resmi mereka.

Shandong berpartisipasi dalam latihan militer China di sekitar Taiwan bulan lalu. Kapal itu beroperasi di Pasifik barat.

Pada bulan Maret tahun lalu, Shandong berlayar melalui Selat Taiwan, hanya beberapa jam sebelum presiden China dan AS dijadwalkan untuk berbicara.

China melanjutkan kegiatan militer dalam skala yang lebih kecil di sekitar Taiwan setelah secara resmi mengakhiri latihan perangnya bulan lalu.

Masih di hari yang sama, Kementerian Pertahanan Taiwan juga mengatakan, selama 24 jam sebelumnya, delapan jet tempur China telah melintasi garis median selat itu. Hal itu kerap dilakukan pesawat perang China sejak latihan perang sebelumnya Agustus lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *