Korut Luncurkan Satelit Mata-Mata, Jepang dan Korsel Keluarkan Peringatan Waspada

GANTARIPRO.IDKorea Utara (Korut) meluncurkan roket yang diyakini membawa satelit, Selasa (21/11/2023). Ini merupakan percobaan ketiga peluncuran satelit mata-mata Korut setelah dua sebelumnya gagal.

Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan darurat bagi warga yang dinggal di selatan negara itu untuk berlindung. Pasalnya Korut diindikasikan meluncurkan roket itu menggunakan teknologi rudal balistik.

Pemerintah Jepang, melalui sistem peringatan J-Alert, menginformasikan kepada warga Okinawa, Korut tampaknya menembakkan rudal.

Sebelumnya Korut memberi Penjaga Pantai Jepang akan ada peluncuran satelit antara Rabu (22/11/2023) waktu setempat hingga 1 Desember.

Penjaga Pantai Jepang menyatakan Korut memberi pemberitahuan tentang peluncuran roket yakni ke arah Laut Kuning dan Laut China Timur. 

Badan keamanan maritim Korea Selatan (Korsel) sebelumnya juga memberi peringatan kepada kapal-kapal soal rencana peluncuran roket di wilayah yang sama.

Militer Korsel menyatakan roket tersebut diyakini membawa satelit mata-mata dan diluncurkan ke arah selatan.

Korea Utara sebelumnya meluncurkan satelit mata-mata dua kali pada awal tahun ini, namun gagal. Roket yang membawanya meledak di udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *