Surga Tersembunyi di Temanggung Punya Waduk Indah Suasananya seperti di Fuji Jepang

GANTARIPRO.IDSurga Tersembunyi di Temanggung sangat menarik untuk dijelajahi. Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Temanggung, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga kuliner khas. Beberapa spot wisata alam yang bisa dikunjungi di sana, seperti Gunung Sumbing yang terkenal dengan keindahan panorama sunrise, dan Gunung Prau yang juga menawarkan pemandangan tak kalah menawan.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu yang terletak di lereng Gunung Sindoro, serta Kali Pancur yang mempunyai pemandangan air terjun yang cantik. Jika suka dengan kegiatan hiking, Anda bisa mencoba untuk mendaki Gunung Merbabu yang letaknya tidak jauh dari Temanggung.

Selain alam yang indah, Temanggung juga memiliki budaya yang kaya. Anda dapat menyaksikan arsitektur bangunan rumah adat dengan gaya Joglo atau Limasan dalam beberapa desa di sekitar daerah Temanggung. Anda juga bisa mencoba masakan khas Temanggung yang lezat, seperti Nasi Grombyang atau Sup Kambing. Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

Di balik keindahan alam yang populer di Temanggung, ternyata ada surga tersembunyi yang harus dijelajahi. Penasaran di mana saja surga tersembunyi di Temanggung yang bisa dijelajahi? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (7/11/2023).

Surga Tersembunyi di Temanggung

1. Wisata Alam Mijil Loka

Surga tersembunyi di Temanggung yang pertama ada wisata alam Mijil Loka yang ada di Desa Candisari. Berada di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam Temanggung dari ketinggian. Mijil Loka menawarkan panorama sunrise di sekitar Sindoro dan area camping. Jangan lewatkan untuk berswafoto di berbagai tempat Instagramable dengan latar belakang panorama Gunung Sindoro.

2. Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong yang berada di lahan seluas 1,2 hektare menyuguhkan keindahan alam pegunungan, gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Destinasi ini menawarkan wisata alam terbuka dan mempunyai daya tarik tersendiri, yakni memberikan golden sunrise. Namun, karena jarak perjalanan yang cukup jauh dari pusat kabupaten, untuk dapat menikmati golden sunrise, Anda dapat bermalam di area camping yang disediakan atau menginap di penginapan terdekat. Dikenal sebagai wisata keluarga, tidak jarang ada rombongan keluarga yang berlibur ke sini sekadar berjalan-jalan ataupun berfoto ria. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000, Anda dapat mengambil gambar di beberapa spot foto yang Instagramable. Wisata Alam Posong berlokasi di Desa Tlahab, Kledung, Temanggung.

3. Embung Kledung Temanggung memiliki satu tempat wisata yang masih asri dan sejuk, yaitu Embung Kledung. Berada di sini, wisatawan akan merasakan suasana layaknya di Jepang. Di bagian selatan Gunung Sindoro, Anda akan melihat keindahan waduk mini atau kolam raksasa Embung Kledung. Dengan layar belakang Gunung Sindoro, Anda akan melihat pemandangan yang mirip Gunung Fuji di Jepang. Embung Kledung dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru.

Daya tarik yang ditawarkan objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro sambil melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan. Di Embung tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah. Suasananya yang dingin ditambah dengan pemandangan hijau paling digemari wisatawan. Jika ingin berkunjung ke tempat ini disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari karena udaranya sejuk. Embung Kledung berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

4. Wana Wisata Jumprit

Argowisata yang terkenal dengan sebutan wapit ini terletak di tengah hutan pinus dan lereng Sindoro, tepatnya dusun Jumprit, Tegalrejo, Temanggung. Berdiri di wilayah pengelolaan hutan milik Perhutani, Wapit menyediakan fasilitas lengkap mulai dari tempat bermain hingga panggung akustik.

Berada di sini Anda dapat melakukan berswafoto di rumah gardu, hingga archery atau panahan. Wisata alam lainnya adalah Candi Liyanga hingga Alam Sewu. Wisata wapit juga menyediakan area camping, dan spot foto di VW Kodong, dan jalanan Eropa.

5. Watu Layah

Jika ingin melihat bentangan alam dari ketinggian, Anda wajib berkunjung ke tempat wisata Watu Layah. Banyak gardu pandang yang ditawarkannya mampu membuat Anda melihat bentangan alam Temanggung.

Dengan tiket masuk sebesar Rp3.000 – Rp10.000, Anda dapat bermalam di lokasi dengan membangun area camping guna membantu gardu pandang untuk menikmati alam dari ketinggian. Itulah surga tersembunyi di Temanggung yang harus dijelajahi. Anda dapat menikmati suasana alam pegunungan hingga waduk yang eksotis layaknya di luar negeri. Selamat berkunjung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *